Info Sekolah
Senin, 06 Mei 2024
  • Selamat Datang di Website Resmi SD IT Nurul Iman Purwantoro
  • Selamat Datang di Website Resmi SD IT Nurul Iman Purwantoro

Simulasi Asesmen Kompetensi Minimum SD Kec Purwantoro

Terbit : Rabu, 1 September 2021 - Kategori : Berita Sekolah

sditnuruliman.sch.id, Purwantoro — Merdeka belajar adalah kebijakan besar dalam rangka mewujudkan transformasi pengelolaan pendidikan di Indonesia. Salah satunya dengan menghapus Ujian Nasional (UN) diganti Asesmen Kompetensi. Asesmen nasional sendiri terdiri dari tiga bagian yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar.

Diterapkannya kebijakan ini merupakan penanda perubahan paradigma evaluasi pendidikan dan peningkatan sistem evaluasi pendidikan. Tujuan utamanya mendorong perbaikan mutu pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.

Kompetensi Minimum adalah kompetensi dasar yang dibutuhkan murid untuk bisa belajar, apapun materinya dan apapun mata pelajarannya. Sehingga materi AKM ada dua yaitu terkait literasi atau baca tulis, serta literasi numerasi.

Literasi yang dimaksudkan di sini bukan sekedar kemampuan membaca, tapi juga kemampuan menganalisis suatu bacaan serta kemampuan untuk mengerti atau memahami konsep di balik tulisan tersebut. Sedangkan numerasi adalah kemampuan menganalisis menggunakan angka. Serta menekankan literasi dan numerasi bukan tentang mata pelajaran bahasa atau matematika, melainkan kemampuan murid agar dapat menggunakan konsep literasi ini untuk menganalisa sebuah materi.

Dampak dari AKM diharapkan dapat memperbaiki budaya belajar, tidak ada dikotomi antara mata pelajaran UN dan mapel non UN, tidak ada mata pelajaran utama dan pelengkap, tidak ada percepatan materi atau bimbingan intensif serta meningkatkan proses pembelajaran.

Sebanyak 10 proktor dari SD Negeri dan SD Swasta mengikuti simulasi AKM di laboratorium komputer SMPN 1 Purwantoro. Harapannya semoga dengan diadakannya simulasi ini seluruh proktor dapat mengimbaskan kepada peserta didik di satuan pendidikannya masing-masing.

Artikel Lainnya

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Agenda

20
Apr 2024
16
Apr 2024
waktu : 11:00
04
Mar 2024
Kirim Pesan
Kirim Pesan
error: Content is protected !!